Bahan Pakaian / Kain

Tipe Kain dan Bahan Pakaian Terbaik untuk Membuat Kemeja dan Celana

Terkadang menjahit pakaian, seperti kemeja dan celana, sendiri lebih baik dari pada membeli yang sudah jadi. Alasannya beragam, mulai dari model pakaian terbaru yang dijual tidak cocok dengan seleramu, bahannya tidak nyaman, atau bahkan ukuran yang dijual tidak sesuai dengan ukuran yang kamu kenakan. Selain itu membuat kemeja dan celana menggunakan bahan sendiri memang lebih murah dan bisa disesuaikan dengan selera kita. Tinggal sampaikan bentuk pakaian yang kamu mau pada penjahit langgananmu. Namun disamping keuntungan tersebut, kamu juga harus memilih bahan yang tepat agar pakaian yang jadi nantinya nyaman dipakai dan awet.

Kemeja dan celana adalah dua jenis pakaian yang paling sering dibuat di tukang jahit. Tetapi tahukah kamu jika ada beberapa bahan kain khusus yang cocok untuk membuat masing-masing kemeja dan celana. Sudah tahu apa saja? Jika belum, yuk cek jenisnya di bawah ini.

Kain Terbaik untuk Bahan Kemeja

  • Katun

Kain katun memang adalah kain yang paling populer untuk dijadikan bahan pakaian karena sifatnya yang sangat nyaman digunakan pada kulit manusia. Katun terasa lembut dan tidak gerah saat dipakai. Kain katun juga memiliki banyak jenisnya seperti katun Paris, katun Cina, katun sutra. Masing-masing jenis memiliki kualitas kelembutan yang berbeda. Yang paling sering digunakan untuk membuat kemeja adalah katun Cina, Paris, dan ada juga yang menggunakan kain katun batik untuk membuat kemeja batik. Ada juga istilah cotton combed. Kain katun ini merupakan kain katun yang terkenal karena kualitas kelembutannya dan paling banyak dijual di pasaran. Jika kamu menemukan istilah 20s, 30s, dan 40s, tak perlu bingung. Angka tersebut menunjukkan tingkat kerapatan jahitan. Semakin kecil angkanya, semakin rapat dan tebal bahannya. Sementara semakin besar angkanya berarti semakin renggang dan semakin tipis bahannya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Flanel

Bahan kain yang satu ini punya motif yang menarik. Saat ini kemeja flanel sedang tren digunakan oleh para pria. Namun yang harus kamu pertimbangkan saat menggunakan bahan ini adalah tingkat kenyamanannya. Flanel terbuat dari bahan wol yang tebal cukup gerah jika digunakan di udara panas.

  • Drill

Drill sendiri sebenarnya bukan merupakan nama bahan melainkan pola pintalan benang. Karena sebenarnya kain drill sendiri pun bisa terbuat dari benang katun dan juga polyester. Yang membuatnya berbeda adalah pola pintalan yang diagonal. Bahan drill sering digunakan untuk membuat seragam kerja atau kemeja safari. Karena sifatnya yang tebal, kain bahan drill terbilang panas digunakan di hawa panas.

  • Denim

Bahan denim sama seperti bahan yang digunakan untuk membuat celana jean. Bahan denim juga bisa digunakan untuk membuat kemeja yang unik. Namun karena bahannya yang tebal dan teksturnya kasar, kemeja bahan ini kurang cocok digunakan pada siang hari.

Daftar Bahan Kain Terbaik untuk Membuat Celana

Beberapa bahan kemeja ada yang bisa digunakan untuk membuat celana, seperti denim, drill, dan katun. Tapi ada beberapa bahan kain bagus lainnya yang juga kamu bisa gunakan untuk menjahit celanamu sendiri. Ini dia daftarnya:

  1. Kain ripstop.
  2. Kain spandex.
  3. Kain corduroy.
  4. Kain kanvas.
  5. Kain polyester.

Daftar Harga Bahan Kain Terbaru

Jenis Barang

Harga (Mulai dari)

Bahan Batik Cap Cirebon

Rp85.000

Bahan Batik Cap Piringan Polos

Rp75.000

Kain Kemeja Flanel Motif Kotak-Kotak

Rp35.000

Sarung Batik Khas Solo

Rp130.000

Kain Batik Tulis Asli Motif Parang Barong

Rp1.250.000

Kain Batik Tulis Asli Motif Parang Seling

Rp1.250.000

Jual Bahan dan Kain Pakaian Pria Termurah dan Terbaik di Daftar Harga Terbaru

Ingin menjahit pakaianmu sendiri tapi tidak sempat berbelanja kain bahannya? Tenang saja karena kamu bisa belanja di mana saja lewat aplikasi dan juga website Daftar Harga Terbaru. Daftar Harga Terbaru jual beragam bahan kain pakaian pria dengan harga murah secara online. Tinggal cari jenis yang kamu inginkan, bayar, dan barang akan langsung diantarkan ke tempatmu. Praktis sekali bukan. Pembayaran di Daftar Harga Terbaru juga lebih praktis karena kamu bisa membayar lewat berbagai metode pembayaran seperti bayar tunai di Alfamart, Indomaret, transfer via ATM dan mobile banking, hingga menggunakan BukaDana. Temukan juga berbagai promo menarik di Daftar Harga Terbaru seperti potongan harga, cashback, hingga gratis ongkos kirim. Belanja di Daftar Harga Terbaru sekarang juga, yuk!